Semarang

Minggu lalu gue berkesempatan menginjakan kaki di Semarang. Walaupun cuma 2 malam karena bagian dari acara kampus (alias nggak sempet kemana-mana), gue sempet kuliner & berkunjung ke beberapa tempat menarik di Semarang alias makan-makan ngasi makan cacing di perut.

Minggu, 2 Agustus 2015

Perjalanan Jakarta-Semarang ditempuh sekitar 10 jam naik bus. Berangkat jam 7 pagi, sempet stop beberapa kali di rest area untuk makan siang dan belanja-belanja canthik di minimarket, kita sampe di Semarang jam 5 sore.

photo taken by Andrew Yosin

Setelah check in hotel di Hotel Merbabu, gue dan beberapa temen yang lain langsung cao ke Lawang Sewu yang jaraknya cuma 1 km/15 menitan jalan kaki dari tempat nginep. Setelah bayar tiket masuk (Rp 10.000,-/org) kita masuk dan menjelajah Lawang Sewu yang serem bok jangan datang ke sini sore malem menjelang gelap yha.

Puas keluar-masuk pintu-pintu di Lawang Sewu, kita para pemuda pemudi yang selalu lapar ini lanjut cari makan. Setelah berselancar di internet dan tanya-tanya penduduk sekitar, kita cabut ke Simpang Lima yang konon katanya salah satu pusat makanan di Semarang yang terkenal dan buka sampe larut malam. Nah kalo mau ke Simpang Lima ini ada beberapa pilihan, yang pertama adalah naik angkot, dan yang kedua buat turis kere kayak kita bisa naik free shuttle bus Semarang yang GRATIS. Yha ternyata di zaman yang maju seperti ini masih aja ada yang gratis. Shuttle bus ini biasanya mangkal di deket Lawang Sewu. Jarak dari Lawang Sewu ke Simpang Lima cuma sekitar 10 menit naik mobil.

Simpang Lima ini bentuknya lapangan, yang dikelilingin sama stand-stand jualan makanan. Asli, banyak banget makanan khas Semarang yang siap buat dicobain. Di Simpang Lima ini juga banyak yang nyewain becak/sepeda lampu. Itu loh kayak becak hitz pake lampu warna-warni kayak di Yogya. Setelah nyobain mie godog jawa di salah satu standnya (Rp 15.000,-) kita ngelanjutin pencarian makanan ke Pasar Semawis.

Pasar Semawis ini adalah pasar malam yang cuma buka hari Sabtu & Minggu. Konon katanya belom afdol kalo ke Semarang tapi gak berkunjung ke tempat ini. Dari Simpang Lima kita ber 9 carter angkot (Rp 40.000) buat ke Pasar Semawis karena ngejar waktu dan letaknya lumayan jauh, sekitar 10-15 menit naik mobil. Basically Pasar Semawis ini adalah gang pecinan yang rame sama stand-stand jualan yang didominasi sama makanan. Sekitar jam 20.30 kita sampe di Pasar Semawis, first impressionnya adalah, wah rame abis.

Jualannya beragam banget, mulai dari jual batu giok, gelang, sticker, kue-kue tradisional, pecel lele, martabak, lumpia, sampe sate babi juga ada! Dan harganya juga reasonable. Puas keliling-keliling (baca: bolak-balik cobain makanan) kita cabut sekitar jam 22.00 naik taksi buat balik ke penginapan (Rp 25.000,-/4 org).

Senin, 3 Agustus 2015

Malam terakhir di Semarang kita habiskan dengan mencari Bandeng Juwana yang kata orang-orang rasanya spektakuler. Sekitar jam 19.00 berangkat dari penginapan, kita jalan kaki ke Bandeng Juwana Elrina. Lokasinya cuma sekitar 15-20 menit jalan kaki dari penginapan. Bandeng Juwana Elrina ini terdiri dari 2 lantai, lantai pertama buat beli oleh-oleh khas Semarang, sedangkan lantai 2 nya adalah restoran dengan speciality bandeng. Berbagai macam olahan bandeng bisa ditemuin disini, mulai dari bandeng goreng, tongseng bandeng, bandeng garang asam, sampe bandeng bumbu bali ada semua disini. Dan harganya relatif murah, untuk bandeng nya mulai dari kisaran Rp 10.000,- s/d 20.000 an aja seporsinya, dan udah bisa bikin perut mblendung bos.

photo taken by Andrew Yosin

–  Alamat Bandeng Juwana Elrina : Jl. Padanaran no.57, Pekunden, Semarang.

Don’t be a stranger! Catch me on my social media down below
Twitter
LinkedInRSS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s