Transit di Kuala Lumpur

Kemaren ini gue transit satu hari di Kuala Lumpur sebelum selanjutnya mau berangkat ke Vietnam. Walaupun cuma satu hari, gue & keluarga nyempetin explore sedikit di daerah city. Sekitar jam 11 siang gue sampe di KLIA2. Setelah ngelewatin imigrasi yang astajim kok rame banget kayak sarang semut, kita yang udah pada laper inilangsung cabut ke lt.2M dan makan di Quizinn foodcourt. Pilihannya lumayan banyak, dari masakan Malaka, India, Chinese food sampe nasi padang juga siap sedia. Harganya juga reasonable, dari 7.00 RM s/d 15 RM.

Karena cuma stay sehari, kita nginep di KLIA Tune Hotel yg lokasinya di dalam airport. Tune Hotel bisa diakses dari lantai 1, dilanjutin jalan kaki sekitar 3 menit nyebrangin tempat keluar-masuk bus. Harga satu kamar untuk dua orang dengan tempat tidur queen size sekitar 50 USD dengan fasilitas WiFi. Kamarnya super minimalis tapi bersih banget! You can lick the floor. Di lantai dasar juga ada 7eleven dan coffee shop jadi jangan takut kelaperan.

Selesai beres-beres kilat, dengan semangat 45 kita lanjut ke KL Sentral. Karena nggak buru-buru (baca: nyari yang lebih murah) kita decided naik bus (11RM/org) sekali jalan dgn waktu tempuh sekitar 1 jam. Beli tiketnya di Lt.1, busnya ada banyaaak dan pasti jalan setiap satu jam. Pilihan lainnya kalo kalian mau cepet (baca: punya banyak duit) bisa naik  KLIA Express (55RM/org) sekali jalan dgn waktu tempuh cuma 30 menit aja.

Dari KL Sentral ini kita bisa kemanapun naik monorail/KTM/LRT, kalo misalnya nggak berlama-lama di KL gue saranin pake yang single trip. Tiketnya yang mirip bgt sama koin kasino bisa dibeli di mesin-mesin yg tersedia di stasiun. Fare nya nggak terlalu mahal, walaupun tergantung lagi dari jarak yang ditempuh.

Malaysia_7820.jpg

Dari yang gue pergiin, gue harus keluar sekitar 1.5RM s/d 3.2 RM per sekali jalan. Karena keterbatasan waktu (dan duit) gue cuma ngunjungin 2 tempat yaitu petronas twin tower & Bukit Bintang.

7499.jpg

7496.jpg

  1. Petronas Twin Tower

KL Sentral – KLCC (Kelana Jaya Line)

Letak KLCC Stasion ada di bawah mall, setelah keluar langsung deh keliatan petronas twin tower yang tinggi menjulang di seberang jalan.

Malaysia_3725.jpg

Malaysia_8272.jpg

Malaysia_2657.jpg

  1. Bukit Bintang

KLCC – Dang Wangi (Kelana Jaya Line) disambung Bukit Nanas – Bukit Bintang (Monorail)

Keluar dari Dang Wangi Station kita harus jalan kaki sekitar 5 menit buat pindah ke Bukit Nanas Station. Tenang aja, karena petunjuk dan arahannya jelas kok. Setelah itu disambung lagi naik monorail ke Bukit Bintang Station. Bukit Bintang ini terkenal banget sama makanan dan jajanan malemnya yg murah dan bervariasi. Untuk jajanannya mulai dari 3RM s/d 5 RM. Dari enci2 glodok sampe ceceh2 semua ada disini. Pokoknya puas!

Malaysia_5118.jpg

Malaysia_6501.jpg

Malaysia_5609.jpgMalaysia_8317.jpg

 

Malaysia_8618.jpg

Malaysia_7095.jpg

Bagi yg suka durian, jgn lupa nyobain the very famous Musang King.  Harganya per buah 25RM. Gue sendiri nggak nyobain, tapi kata famili sih enak pake banget dan wajib coba.

1233.jpg

Sekian jalan-jalan di Kuala Lumpur, walaupun cuma sehari, gue puas banget memanjakan perut!

1 RM = Rp 3.300,- (July 2016)

Very Important Reminder! :

– Kalo kalian mau transit di Malaysia (KLIA2) sebelum catch up penerbangan selanjutnya, gue saranin jarak antara waktu ketibaan ke boarding flight selanjutnya minimal 4 jam. Karena banyak banget turis yang transit di KLIA2, & seringkali imigrasi sama check in nya ngantri panjaaaaang banget kayak uler tangga (terutama pas holiday season!)

– Kalo kalian cuma transit selama beberapa jam dan gak memungkinkan untuk ke KL Sentral, buat killing time kalian bisa keliling ke toko-toko di KLIA2 yang luasnya nggak kira-kira itu.

– Kalo masih di dalam airport, beli mineral water yang paling murah itu di supermarket yg lokasinya ada di lt.1!

– Waktu check in di Tune Hotel 14.00, sedangkan check out nya 11.00, nggak ada negosiasi check in duluan atau check out belakangan deh pokoknya.

– Jangan lupa buat nukerin duit di money changer yang ada di lt.1.

– Jangan lupa pake sunblock & bawa sunglasses, asli di KL terik banget, mungkin mataharinya banyak.

– Bus terakhir dari KL Sentral ke KLIA2 sekitar jam 23.00, jangan ketinggalan karena begitu seatnya full pasti busnya langsung berangkat!

Don’t be a stranger! Catch me on my social media down below
Twitter
LinkedInRSS

Advertisements

One thought on “Transit di Kuala Lumpur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s