Hanoi, Vietnam

Setelah sehari transit di Kuala Lumpur, gue & keluarga bertolak ke Vietnam!!! Vietnam emang salah satu negara yg jadi inceran gue karena culture nya yg menarik, motor yang ricuh,  dan apalagi kalo bukan harga makanannya yang murah meriah! Di Vietnam ini gue ngunjungin dua kota, Hà Nội (Ibukota Vietnam) & Hội An selama masing-masing kurang lebih 3 hari. Ternyata udah 6 hari aja masih kurangsaudara-saudara. Ya, kurang.

Kamis, 30 Juni 2016

Flight Kuala Lumpur- Hà Nội makan waktu sekitar 3 jam. Vietnam dilihat dari atas itu… Sawah semua. “Katanya” pemerintah Vietnam lebih ngutamain lahan mereka buat rice field daripada rumah penduduk. Makanya rumah di Vietnam kecil banget kayak ruko naik ke atas sekitar 3-5 tingkat.

Jam 9 pagi gue sampe di Nội Bài International Airport. Airportnya kecil tapi bersih dan modern. Sebelumnya kita udah pesen pick up car dari airport ke hotel dengan harga 16 USD/mobil kapasitas 7 seat (avanza). Pesen pick up car ini gampang banget, tinggal confirm ke  hotel yang kalian tuju beberapa hari sebelum nyampe, jadi ada orang hotel yang nungguin pas dateng di arrival. Rata-rata semua hotel udah nyediain fasilitas ini. Selain aman, bisa ngehindarin kalian dari scam taksi.

Gue & keluarga nginep di Nova Hotel (22 USD/malam) untuk 2 orang, sekitar 1 jam perjalanan dari Nội Bài International Airport. Nova Hotel ini lokasinya strategis banget. Sumpah. Selain deket sama Old Quarter (daerah turis di Hà Nội) hotel ini juga deket sama makanan enak & tempat belanja. Servicenya bagus banget, gue bisa ancungin 5 jempol.7511.jpg

Semua staffnya kekeluargaan banget, ramah & very helpful! Begitu sampe sekitar jam setengah 11 kita disambut sama welcome drink, setelah itu Ryan (hotel manager) bakal ngasih peta Old Quarter dan ngejelasin semua peraturan2 di Nova Hotel.

Selama stay, paspor kita ditahan sama pihak hotel. Tenang, ini udah prosedur di semua hotel, mereka bakal balikin pas kita check out.

Setelah check in dan ngerapiin barang-barang, kita makan siang di “Bun Bo Nam Bo” yang lokasinya persis ada di sebelah hotel.

Asli, ini tempat rame banget, yang dateng bukan cuma turis doang tapi orang-orang lokal juga banyak!! (tanda-tanda makanan enak), walaupun harganya lumayan pricey (60.000 Dong/mangkok).

Bun Bo ini porsinya lumayan gede, tapi gue gak rela bagi-bagi karena ternyata enaaaak sekali! Rasanya asem-seger-asin campur jadi satu. Isinya kurang lebih ada toge, irisan-irisan daging, kacang tanah, bawang goreng, vermicelli, dan! irisan-irisan pepaya muda yang enaaak banget to be honest (awalnya gue kira bengkoang) dikombinasiin dengan berbagai sayur yang disediain di atas meja.

Setelah selesai makan siang kita cabut keliling Old Quarter (yg ternyata lumayan gede dengan berbekal peta seadanya).  Dan karena harga diri yang tinggi a.k.a takut kena scam taksi, kita pergi kemana-mana jalan kaki. Tapi ternyata dari satu tempat ke tempat lainnya nggak terlalu jauh kok, sumpah. Setelah nanya-nanya ke orang lokal yang berbuah malah makin gak ngerti, kita malah nyasar ke first stop : St. Joseph’s Cathedral.

St. Joseph’s Cathedral ini kayaknya nggak terlalu terawat, banyak lumutnya, atau emang dibiarinin kayak gitu maybe that’s the beauty of it gue kurang ngerti juga.  Setelah foto-foto (tip : kalo nggak bawa tripod, instead of using monopod, selalu minta tolong orang lain yang lagi bawa-bawa kamera super pro buat motion kita. Biasanya sih hasilnya superb!) Selanjutnya kita ke 2nd stop : The very famous Hoan Kiem Lake.

Hoan Kiem Lake ini terkenal banget seantero turis mancanegara tapi ternyata kok-nggak-ada-apa-apa. Hehehe. Danaunya juga nggak jernih-jernih banget. Cuma terlihat beberapa anak muda sedang nongkrong dan pacaran. Cuma enak aja duduk-duduk sambil enjoi angin yg sepoy-sepoy disini.

Karena malah kelaperan selanjutnya kita beli Banh Trang Tron. Banh Trang Tron (25.000 Dong/mangkok) ini sejenis snack-salad di Vietnam yang isinya terdiri dari juhi, telur puyuh, blablabla dan blablabla. Ya, gue nggak tau ini apaan sebenernya. Rasanya campur aduk antara manis-asem-asin, tapi seger banget kayak nano-nano.

Sekitar jam 16.00, we were looking for something cold to drink (because the weather was TOO HUMID & HOT)! Accidentally kita ngeliat Huong Mai Café dengan tulisan segede gaban di depannya “Free Coffee Tasting”. YES I’M IN!!! Ternyata di dalemnya banyaaak banget pilihan kopi (hampir semua adalah kopi luwak & Arabica).

Setelah free tasting & dijelasin per step pake Vietnam drip (enak mampuz walaupun pait parah), kita beli iced coffee nya yang tastes shoooo good you have to try, dan harganya yang murah cuma 25.000 Dong/gelas!!!

Puas nyicip kopi Vietnam akhirnya kita balik ke hotel (baca : nyasar nyari jalan pulang)  buat mandi dan rapih-rapih.

Karena belom makan malem (tapi terlalu capek untuk jalan lagi), kita tertarik sama eel porridge (35.000/Dong) yang dijual deket hotel. Tapi setelah dateng… Loh  kok mangkoknya kecil, udah gitu pas diicip ternyata tasteless. Instead of porridge ternyata lebih mirip irisan ikan yang dicelup ke sagu. Yaelah mak……..cry.

Jumat, 1 Juli 2016

Halong Bay One Day Tour, cekidot here!

Sekitar jam 20.30 kita sampe di hotel setelah one day tour ke Halong Bay. Karena udah lumayan malem kita mutusin buat makan “Bun Cha” di Hang Manh St (deket banget sama hotel!). Bun Cha (60.000 Dong/porsi) ini makanan terkenal yg harus banget dicobain di Vietnam.

Isinya BBQ Pork yang dicelup ke fish sauce, biasa dimakan pake rice noodle. Satu porsi bisa dibagi buat berdua, cukup ngenyangin lah intinya. Pertama kali gue pikir kayaknya aneh banget kalo BBQ dicelupin ke fish sauce. Tapi ternyata… lha kok enak ya. Wajib banget dicoba, nggak nyesel pokoknya.  Selain itu mereka juga jual Nem Chua Be/Crab Rolls (60.000 Dong/porsi) tapi yang ini menurut gue nggak terlalu spesial, kayak gorengan yang ditemuin di tempat-tempat dimsum aja.

Sabtu, 2 Juli 2016

Ninh Binh One Day Tour, cekidot here!

Karena jam 17.30 an kita udah nyampe di hotel, masih ada waktu (dan kesempatan!) buat ke night market! Night market ini cuma ada setiap hari Jumat-Minggu dari jam 19.00 sampe malem. Jadi banyak banget stall-stall yang jualan mulai dari baju, perihasan, celana, sampe snack-snack juga ada, letaknya dari Hang Gai Street sampe Hang Dao street Pokoknya panjaaaaaaaang banget asli, katanya sih sampe 3 km. Snack yang dijual juga lumayan murah, sekitar 10.000 Dong s/d 20.000 dong, walaupun appearancenya nggak meyakinkan, tapi rasanya sumpah kok enak-enak banget.

Puas keliling-keliling di night market, gue & famili kelaperan… Terlihat di salah satu blok ada yang jual Banh Xeo (35.000 Dong/plate). Banh Xeo ini sebenernya udang, pork, dan bawang bombay yang dibungkus sama rice flour crepe terus dicelup ke fish sauce.

Entah kenapa gue nggak terlalu suka sama makanan ini, karena kok rasanya kering banget kayak serek di tenggorokan. Giliran mau dicelup ke fish sauce eh isinya berantakan. Yaelah jek…

Minggu, 3 Juli 2016

Hari ini kita bakal berangkat ke Hội An, karena flightnya jam 15.00 kita harus berangkat dari hotel sekitar jam 12.00. Jadi beberapa jam yang tersisa kita manfaatkan buat beli green bean cake spesialis Hanoi di Hang Giang Street, nama tokonya “Rong Vang Minh Ngo” which is apaan tuh artinya hahaha.  Mereka jualan green bean cake dengan harga paling murah seantero jagat!

Sebelum ke airport kita makan siang di deket hotel, yang nggak ada namanya  Tapi basically ada 2 potong block pork dimakan pake nasi dengan sedikit kuah asin. Rasanya lumayan, tapi kok kering ya bok….

1 Rupiah = 0.64 Dong (July 2016)

Notes to remember :

– Scam adalah hal yang lumrah terjadi di Vietnam. Karena uang Vietnam kebanyakan nolnya, penipu2 ini sering memanfaatkannya dengan nambahin 0 di akhir harga final yang harus dibayar.

– Taksi dan becak adalah beberapa kendaraan yang wajib diwaspadai karena kebanyakan taksi gak berargometer. Lebih baik pesen taksi dari hotel, jadi jelas tujuan & argonya, kalian juga gak dibuat muter-muter. Ada juga taksi yang dianggap lumayan terpercaya diantara kalangan traveler (walaupun gue sendiri belom pernah nyoba) contohnya Vinasun Taxi.

– Nova Hotel                : 75 Hàng Điếu, Cửa Đông, Hoàn Kiếm, Hà Nội, Vietnam

– Bun Bo Nam Bo        : 89 Hàng Điếu, Cửa Đông, Hoàn Kiếm, Hà Nội, Vietnam

– St. Joseph’s Cathedral : Nha Tho Street

– Huong Mai Café       : 58 Ma May Street, Hoan Kiem District

– Bun Cha                    : 1 Hang Manh Street

– Rong Vang Minh Ngo  : Hang Giang Street

Don’t be a stranger! Catch me on my social media down below