Ranca Upas

Anda bekerja? Butuh liburan cepat? Cuma punya waktu 2 hari 1 malam? Ke Ranca Upas  aja! hehehehe….

Sabtu-Minggu kemarin gue pergi ke Ranca Upas, ber 4 sama temen kantor. Gue, Sesil, Ninda, dan Calvin. It was very fun!! Karena selain mudah dijangkau, Ranca Upas ini juga cukup affordable. Gue kurang tau apakah bisa dijangkau dengan kendaraan umum atau nggak. Kebetulan kemarin kita berangkat dengan kendaraan pribadi. 

Sebelum berangkat ke Ranca Upas, kita sewa alat-alat camping dulu di Bougenville Rental. Senang sewa di sini karena bisa dipinjam harian (mostly sewa alat camping minimal pinjam 2 hari). Tinggal ngehubungin Mas Gustaf (089660361569) aja, dan dp 50% sebagai booking fee. Beberapa alat yang jangan lupa di sewa :

  • Matras
  • Sleeping bag
  • Tenda
  • Nesting & kompor gas portable (buat masak)
  • Headlamp/senter

Jangan lupa cek kondisi mobil, karena jalanannya nanjak terus dengan tikungan-tikungan yang cukup tajam. Saran gue jangan berangkat kemaleman, usahain jam 4-5 sore udah sampai. Karena sepanjang perjalanan minim lampu jalan dan butuh waktu buat set up tenda Ranca Upas.

15.45 Otw ke Ranca Upas dari Bandung.

18.00 Beli CFC di depan Ranca Upas. Bukan sulap bukan sihir, di depan Ranca Upas ada CFC!! Kita pun dengan sangat semangat beli 1 bucket isi 9 potong ayam seharga Rp 145.000,- untuk dimakan ber 4.

18.30 Sampai di Ranca Upas. Setelah bayar biaya retribusi (total 120 rb untuk ber 4) kita langsung siap2 cari tempat yang cocok buat pasang tenda. Jangan lupa perhatikan arah angin. Jangan sampe anginnya mengarah ke pintu tenda (bisa kedingingan, tahu kau?) Jam 18.30 pas kita sampe, cek suhu sekitar 18 Celcius. Brrrrr.

19.30 Dinner! Setelah selesai masang tenda yang ternyata butuh waktu cukup lama karena minim penerangan, kita pun ganti-gantian mandi. Eh ternyata oh ternyata, ventilasi wc nya bolong. Akhirnya karena gak berani mandi (takut diintip!) kita pun cuma bersih-bersih kaki tangan doang. Kecuali Calvin, doi mandi aja dengan santainya.

Kalo ada yang nanya; kok dingin-dingin malah mandi? Nah justru itu. Sebisa mungkin harus mandi, atau mungkin bersih-bersih aja sedikit. Nanti setelah mandi dijamin suhu tubuh kita bakal nyesuaiin lagi dan malah jadi lebih anget daripada sebelumnya.

Menu makan malam itu : CFC 1 bucket dan pop mie masing-masing 1 cup. Pas masak air ternyata agak drama. (1) Kompor portable yang dibawa sumbunya macet jadi harus dipancing pake korek api. (2) Diantara kita gak ada yang punya korek. Akhirnya berujung pinjem ke tenda sebelah. Gak malu karena bukan gue yang pinjem.

Pas diicip mohon maap ini yang masak CFC nya mau kawin, direndem air laut apa gimana. A S I N banget kebanyakan garem. 

05.00 Sunrise! Setel alarm jam 5 pagi buat ngeliat sunrise. Lumayan cakep sih sunrise nya, walau agak2 foggy hazzy ala-ala video klip band indie alias berkabut tong ga keliatan apa-apa. Tapi tetap bersyukur yang paling penting kan kebersamaannya.

Berikut sedikit cuplikan beserta muka kami yang : ngantuk – coy, dingin. Paling kasian epin karena gak bisa peluk siapa-siapa hahaha.

20180930_180930_0016

20180930_180930_0017

20180930_180930_0015

Di sunrise yang berkabut-kabut inilah banyak orang menyempatkan diri untuk mengabadikan dalam foto. Kalo kita, cukup pose ala boyband- yang tidak akan gue tampilkan di sini.

07.00 Masak-masak. 

Laper banget aseli? Untung ada Ninda yang langsung bagi-bagi tugas buat masak ini-itu. 
Menu kita hari itu : sandwich tuna! Roti tawar dipanggang sebentar pakai margarin, tuna kalengan (lupa dikasih mayo) dioseng-oseng sebentar di panci. Jangan lupa dipakein keju slices biar makin ntab.

20180930_180930_0013

Ini Ninda penyelamat kita semua

Tuna kalengan yang- sebenernya agak kepedesan. Tapi enak juga dimakan pas udaranya lagi dingin. Semua anggota di situ sudah cuci tangan pakai tissue basah, tetap higenis pokoknya.

20180930_180930_0014

20180930_180930_0011

Setelah jadi tanpa ba-bi-bu langsung LEP! Gak lupa ditemani dengan seduhan hot chocolate yang sebelumnya udah dibeli dari minimart terdekat. Yang asli enak banget? Tapi karena pelit cuma beli 2 untuk ber 4? Jadi survival food kita pagi itu.

20180930_180930_000820180930_180930_001220180930_180930_0007

08.00 Cabut!

Setelah itu kita pun langsung beresin nesting, tenda, dan peralatan lainnya karena masih ada satu kegiatan lagi yang belum dilaksanain yaitu main sama rusa! Setelah beres-beres kita sempet bersih-bersih seadanya di toilet umum Ranca Upas. Sebenernya lumayan bersih, tapi emang udaranya yang masih dingin itu kurang mendukung aja buat mandi lama-lama. Padahal aliran airnya sih ngalir deras, kita juga bawa sabun dan shampoo.

09.00 Penangkaran Rusa

Nah di Ranca Upas ini ada juga penangkaran rusa, karena kemarin kita udah bayar masuk ke ranca upas nya, kita gak perlu lagi bayar untuk masuk ke penangkaran rusa karena udah jadi satu paket. Tapi kita bisa beli makanan buat dikasih makan ke rusanya, ada dua pilihan ; wortel sama kangkung. Akhirnya kita pilih beli wortel dan bagi-bagi ber 4.

20180930_180930_000920180930_180930_0006

Penangkaran rusanya gak terlalu gede dan tempatnya lumayan rame. Sebenernya lumayan terawat, cuma harus hati-hati aja kalau melangkah karena banyak pupi rusa nya. Yang agak mungkin bikin kecewa adalah karena….. rusa nya sedikiiit banget. Cuma ada 2 rombongan besar, dan semua pengunjung berebut kasih makan rusanya. Akhirnya rusanya semacam udah kekenyangan dan gak mau terima makanan apapun lagi. Walaupun tetap kita acungacungin si wortel ke depan mulutnya.

20180930_180930_0005

20180930_180930_0004

Kalo yang takut binatang… rusanya jinak banget kok. Sepertinya sudah terbiasa sama kehadiran pengunjung, jadi kalo yang gak terlalu suka sama binatang jangan takut. Kita lumayan banyak ambil foto disini, karena… rumputnya rapih banget mirip di adelaide! HAHAHA malu-maluin.

20180930_180930_0003

20180930_180930_0020

10.00 Heading home!

Walaupun gak terlalu lama di penangkaran rusanya, cuma sekitar satu jam kita udah puasss banget. Bahkan wortel yang tadi dibeli sebelum masuk pun SISA karena rusa-rusanya udah kenyang duluan.

Overal ranca upas menurut gue seru dan asik banget buat gateway 2 days 1 night, cocok buat macam-macam orang sibuk yang butuh refreshing sejenak tapi gak bisa pergi terlalu jauh atau terlalu lama.

See you on next post!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s