Weekend Gateway : Jogja

We were super bored with our office life, so we suddenly decided to go to Jogja. It was a gooood decision let me tell u. Jadilah gue ke Jogja berdua dengan………Sesil.

Beberapa kali pergi dgn berbagai macam org membuat gue sadar, semakin sedikit anggota yang ikut semakin baik. Semakin banyak bukannya semakin seru, tapi semakin ribet. R I B E T. Komposisi terbaik ya 2-5 orang.

Tips gue buat yang mau pergi dadakan, bisa pake apps gabungannya traveloka (flight+hotel) karena gap harganya lumayan jauh sama beli terpisah. Moreover, jangan lupa pake point transportasi online. Lumayan, bisa dapet sekitar 50rb-150rb diskon (pelit). Kemarin total kita habis 1.15 jt/org untuk pp Jkt-Jogja dan hotel bintang 3 untuk 3 hari 2 malam. Di sini gue bakal ceritain day 1, day 2 dan sedikit aja dari day 3 aja. Karena day 3 nya kita rafting ke Goa Pindul (udah pernah diceritain di sini) dan pulang ke Jakarta. Hehe.

DAY 1

2 pm – Sampe di Bandara Adisucipto Jogja sekitar jam 2 siang. Karena harga taksi dari bandara ke hotel lumayan mehong jadinya kita pakai taksi online. Tapi ya apa daya, harus ngegeret koper sampai gedung imigrasi jogja (sekitar 400 m), ngelwatin rel kereta karena transportasi online nya ndak bisa masuk ke Bandara.

Untitled

4.00 pm – Touch down Hotel Indies Heritage Prawirotaman. Senang sekali karena walaupun pesen hotelnya lumayan mepet, tapi tetep dapet hotel yang oke dan dapet breakfast pula. Letak hotel ini di Jl. Prawirotaman yang sebenernya lebih bernuansa bali daripada Jogja, karena… bule dimana-mana ada bule. Dan sejauh mata memandang banyak bar.

Processed with VSCO with  presetProcessed with VSCO with hb2 preset

Hotelnya lumayan besar, walaupun nggak terletak di jalan utama (alias harus masuk jalan tikus dulu bok), di dalem nya ada kolam renang! Mungkin bisa jadi salah satu pilihan lo kalo mau dateng ke Jogja, pilihan lain ya mungkin Adhistana hotel yang pantat-pantatan sama Hotel Indies Heritage ini.

5.00 pm – Tempo Gelato Yogyakarta. Kebetulan kita nggak jauh dari tempat nongkrong ter hits se-Yogyakarta, Tempo Gelato! Sekitar 5 menit aja jalan kaki dari hotel. Sumpah ruamenyaaa, mungkin karena malem minggu juga ya. Kita harus nungguin sekitar 20 menit sampai akhirnya kebagian tempat duduk. Untuk harga cukup affordable, gelatonya juga enaaak dan porsinya gede banget. Satu scoop aja udah cukup, favorit gue yang salted caramel!

Processed with VSCO with hb2 preset

DAY 2

8 am – Off to Ullen Sentalu Museum! It costs 100k from our hotel in the middle of Yogya City to Ullen Sentalu Museum, letaknya emang agak jauh dan jalannya pun rada nanjak. Tapi pas sampai disana, it’s damn worth it dan harus masuk ke salah satu bucket list kalo dateng ke Yogya. Pantesan aja banyak orang bela-belain ke sini walau agak jauh dari kota. Suasananya rindang, asri, dan terawaaat banget, errr walau emang ternyata dirawat sama pihak swasta.

Processed with VSCO with hb2 presetProcessed with VSCO with hb2 presetProcessed with VSCO with hb2 presetProcessed with VSCO with hb2 presetHarga tiket per orangnya Rp 40.000,-, menurut gue gak mahal kalo dibandingin sama experience yang kita dapet. Setelah ngumpulin cukup orang akan ada tour guide yang mandu kita dan ngejelasin bits and pieces tentang Ullen Sentalu. Basically, museum ini provide historical story and goods tentang keraton Yogya & Solo for us to learn, yang keren banget. Museumnya penuh dengan lukisan kerajaan, gamelan, batik, silsilah keluarga, (to bad its prohibited to take picture inside the museum) makanya get your ass off here!

Processed with VSCO with hb2 presetProcessed with VSCO with hb2 presetProcessed with VSCO with hb2 presetProcessed with VSCO with hb2 preset Satu kata buat Ullen Sentalu : gothic, dengan arsitekturnya yang Jawa-Belanda, there are a lot of beautiful-javanese-sculpture which is suppper detail carved to the building.

11 am – Merapi Lava Tour. Puas keliling Ullen Sentalu, kita nerusin perjalanan untuk ikut Merapi Lava Tour. Beberapa hari sebelumnya gue udah book jeep ke Gerbang Adventure buat ikut tour ini. Gue ambil paket short track dengan estimasi 2-3 jam. Harganya Rp 350.000,-/jeep (per jeep bisa muat 3-4 orang tinggal dibagi rata aja deh tuh. Karena sebelumnya udah janjian, kita langsung dijemput di Ullen Sentalu.

Rute perjalanannya dari titik jemput – museum sisa hartaku – batu wajah/alien – bunker kaliadem – trek basah Kali Kuning. Walaupun gue pergi di hari Minggu, ternyata nggak terlalu ramai, mungkin karena perginya udah agak siang.

Museum Sisa Hartaku

Lumayan sedih ngeliatnya, ini pemukiman warga yang kena lava panas Merapi, padahal gunungnya masih jauuuh banget tapi dampaknya sampai membuat satu pemukiman ini ludes. Bapak yang ngendarain Jeep sekaligus jadi tour guide dan ngasih brief singkat tentang tragedi lava panas ini.

Batu Wajah/Alien

Kata Bapaknya : “Waduh mba dulu laharnya nyeret batu segede gini” (sambil bikin gerakan tangan). Jadi katanya pas lahar panasnya turun dari Merapi, lahar ini nyeret batu-batu besar, makanya selain panas juga bahaya karena kekuatannya bisa menggeser benda-benda yang berat.  Banyak yang selfie di sini, sampe bapaknya komen : “Kok mbak nya gak mau di foto sih!” hehe.

Processed with VSCO with hb2 presetProcessed with VSCO with hb2 preset

Bunker Kaliadem

Ini paling naas sih… Sedih kalo diinget… Diceritain sama Bapak tour guide nya, waktu lahar panas nya mulai turun dari Merapi, banyak warga yang nggak sempat melarikan diri. Karena di dekat kawasan pemukiman ada Bunker Kaliadem ini yang difungsikan untuk tempat perlindungan, akhirnya warga-warga tersebut masuk dan sembunyi di Bunker ini. Kelirunya, bunker ini difungsikan untuk bertahan dari guncangan seperti gempa. Karena bahannya dari besi, sewaktu lahar panas melewati bungker ini situasi di dalam menjadi panas dan warga terjebak di dalam karena besinya meleleh dari luar…

Hu, pentingnya edukasi dan sosialisasi ke warga yang tinggal di area rawan mengenai cara perlindungan diri dan langkah pertama pada saat terjadi bencana.

Trek Basah Kali Kuning

Lokasi terakhir ini yang jadi favorit gue!!! Kali Kuning ini dulunya kali, tapi sekarang karena musim kemarau (dan katanya banyak lokasi pariwisata yang nyedot sumber air dari Kali Kuning), site ini jadi kering kerontang. Sebenarnya agak prihatin juga, karena infonya warga sekitar pun sampai kekurangan air karena Kali Kuning ini dimonopoli swasta.

Processed with VSCO with hb2 presetSi Bapak ngebawa kita muter-muter track beberapa kali sambil ngebut. Seru banget!!! Definitely highlight of the trip. Walaupun hampir keseluruhan track kondisinya kering, tetep ada aja bagian-bagian track yang masih tergenang air. Jadi banyak splash-splash nya kayak iklan shampoo.

Processed with VSCO with hb2 preset

Pulangnya kita di drop di base camp nya Gerbang Adventure (gerbang masuk area Merapi), dari situ tinggal cari grabcar aja buat capcus balik ke hotel. Kirain bakal susah banget cari kendaraan online karena areanya lumayan antah berantah, ternyata sekitar 15 menit udah dijemput!

DAY 3

Last day di Jogja, tentu saja kita yang ambis ini tidak serta merta leha-leha menunggu pesawat pulang. Kita eksplor daerah Kalibiru dan sekitarnya, sampe sewa mobil beserta supirnya.

4 pm – Subuh-subuh emang waktu yang paling pas untuk otw ke Kebun Buah Mangunan terutama bagi kita yang ambis mau ngelihat sunrise. Jaraknya lumayan jauh dari kota dan agak nanjak, kita juga antisipasi karena katanya kalo hari libur ngantrinya rame dan macet sekali.

Bener aja sekitar satu jam perjalanan, yang nunggu untuk masuk area KBM nya udah banyak mobil yang antri. ini cuma antri di dalem mobil loh ya belom turun dari masing-masing kendaraan.

Setelah turun dari kendaraan kita harus jalan kaki nanjak sekitar 15 menit. Kebanyakan orang pada ngaktifin senter di hp karena gelaaaap sekali.

Processed with VSCO with hb2 preset

Bagus sih Kebun Buah Mangunan, sayangnya tempatnya (agak) sedikit kotor, dan waktu pas kita dateng entah kenapa berkabuuuut sekali, jadi nggak jelas ngelihat sunrise nya.

Lanjut dari Kebun Buah Mangunan, kita nanjak dikit ke Hutan Pinus Mangunan (karena dipaksa sama supir rental mobilnya) ayo kesini mbak banyak tempat foto bagus hehehe. Kita pun manut. Nyampe di lokasi, tempatnya masih asri dan enak sekali. Nggak kayak Hutan Pinus yang ada di Bogor itu, di sini tukang jualannya nggak terlalu banyak, jadi bisa nikmatin keindahan dan kesunyian hutan pinusnya.

Pulang dari area Kalibiru kita main air dan rafting ke Goa Pindul, (cekidot post gue yang ini ya! klik di sini). Jogja emang gak pernah ada habisnya sih…. Selalu ngangenin dan memanggil untuk kembali. See ya later Jogja!!!

Notes :

• Nggak usah khawatir karena hampir semua hotel menyediakan penyewaan moda transportasi, baik motor atau mobil.
  • Selama di Jogja gue dan Sesil muter-muter naik Grabcar, efisien banget! Apalagi waktu itu kita banyak dapet voucher diskon Grab.
  • Jangan lupa nyobain angkringan di Yogya! Biasanya banyak terdapat di sekitar area alun-alun.
  • Harga sewa mobil plus bensin dan supir sekitar 400 rb, pastiin booking maksimum 1 minggu sebelum sampai di Yogya (Contact Naraya Jogja : 085729353354)
  • Gerbang Adventure (Merapi Lava Tour) : +6282227056617 a.n Heru

Read my another holiday experiences in Yogyakarta!

Don’t be a stranger! Catch me on my social media down below
LinkedInRSS

3 Comments

1. Sebagai orang jogja yang suka ngerekomemdasiin tempat ke tamu-tamu yang nginep di hostel tempatku kerja, akunya sendiri malah belom perna ikut Lava Tour & ke Ullen Sentalu :”))

Foto fotonya bagus banget btw mbak.

1. Namanya Ostic House mbaaa, jalan suryodiningratan. Masih segaris lurus sama Jl. Prawirotaman ama tirtodipuran 😀

Langsung kontak aja kalau lagi cari kamar apalagi klo pengen ngerasain yg ala ala backpacker.